Digigit Ular 7 Meter, Gardu PLN Meledak

Ular buat Gardu PLN Meledak di Palembang - Ratusan pengunjung dan pedagang Pasar 16 Ilir Palembang, mendadak gempar. Pasalnya, kabel listrik PLN yang berlokasi di lantai dasar basement Pasar 16 Ilir Palembang, tepatnya di depan pangkalan jukung, meledak.

Uniknya, pelaku yang menyebabkan kabel listrik tersebut meledak adalah seekor ular Sawo sepanjang 7 meter. Tak ada korban jiwa dalam kejadian Rabu 17 Februari itu, tetapi ratusan pedagang di basement Pasar 16 Ilir sedikit dirugikan, lantaran lampu penerangan toko mereka padam selama tiga jam lebih lantaran petugas perbaiki dari PLN belum dapat memperbaiki kabel yang rusak karena binatang berbisa itu belum dikeluarkan.

Dengan bantuan warga dan petugas PBK Kota Palembang, dalam waktu satu jam lebih, akhirnya ular sungai itu berhasil dikeluarkan dan langsung diamankan jajaran Polsekta I I Palembang. Saksi mata di TKP, Purik (38), warga setempat mengatakan, ledakan itu pertama kali sekira pukul 12.00 WIB. ”Aku kaget sekali ketika mendengar suara ledakan dari arah gardu listrik itu. Kami kira gardu listrik meledak lagi. Karena warga dan pedagang langsung berteriak dan berlarian turun dari toko mereka di basement Pasar 16 Ilir,” ungkap Purik yang keseharinnya sebagai penjual es di pangkalan Jukung Pasar 16 Ilir. Beberapa menit kemudian, datang mobil Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Palembang dan petugas polisi.

Setelah dicek, ternyata bukan gardunya, tetapi kabel listrik yang berada di bawah basement. ”Petugas PBK langsung menyemprotkan air ke arah asal ledakan. Lalu asap keluar ngepul, kemudian datang petugas perbaikan PLN ke situ. Eh, saat hendak masuk ke dalam ruangan kabel itu, mereka langsung menjerit ada ular besar,” paparnya. Melihat itu, tiga petugas PLN langsung menjauhi lokasi kabel meledak tersebut.

”Dengan dibantu petugas PBK dan warga akhirnya ular sawo sepanjang 7 meter itu dapat dikeluarkan. Kasihan ular itu bagian badannya sudah mutung terbakar, tapi kepalanya tidak apa-apa. Lalu dibawa polisi,” pungkasnya. Sementara itu, salah satu petugas perbaikan PLN, Adi, mengatakan, ledakan kabel listrik itu terjadi karena ada tiga kabel mengalami kerusakan akibat gigitan hewan.

”Mungkin ular atau binatang air sejenisnya menggigit kabel sampai koyaknya, akibatnya terjadi gesekan sehingga menimbulkan ledakan serta percikan api,” jelas Adi. Ditanya berapa lama listrik di kawasan Pasar 16 Ilir bisa normal, Adi mengaku membutuhkan waktu sekira satu jam lebih.

”Saya kira tidak akan terlalu lama, karena kami cukup mengganti dan menyambung lagi kabel yang robek itu jenisnya kabel TM 1,” katanya. Kepala Poltabes Palembang Komisaris Besar (Kombes) Polisi Drs Lucky Hermawan MSi melalui Kasat Reskrim Komisaris Polisi (Kompol) Andry Setiawan Sik menegaskan, tidak ada kebakaran di Pasar 16 Ilir. ”Hanya kabel rusak akibat digigit ular,” ujar Andry.

Source: okezone.com



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

0 komentar: