Piala Dunia Terancam Flu Babi

Piala Dunia Terancam Flu Babi. Afrika Selatan menghadapi kemungkinan ancaman krisis kesehatan jika wabah flu babi merebak saat berlangsungnya Piala Dunia tahun ini, demikian kata Menteri Kesehatan Aaron Motsoaledi kepada parlemen negara itu, Selasa (16/2/2010).

"Salah satu dari masalah terbesar yang bisa terjadi pada 2010 adalah pada Juni saat diperhitungkan akan terjadi serangan lain dari flu H1N1," kata Motsoaledi.

Turnamen yang akan berlangsung selama sebulan itu akan digelar di Afrika Selatan untuk pertama kalinya dan diharapkan akan menarik wisatawan sekitar 450.000.

Motsoaledi mengatakan, Departeman Kesehatan sudah berusaha menyiapkan sebanyak 1,3 juta dosis vaksin H1N1 serta 3,5 juta dosis lainnya disiapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami menerima surat dari Organisasi Kesehatan Dunia yang menyatakan bahwa mereka akan menyumbang kepada Afrika Selatan sebanyak 3,5 juta dosis vaksin H1N1 yang akan tiba di negara ini, Maret," katanya dengan menambahkan, sumbangan dari WHO itu bernilai sekitar 32,48 juta dollar AS.

WHO, yang menyatakan bahwa flu babi merupakan pandemik pada Juni tahun lalu, terus mengadakan diskusi dengan Pemerintah Afrika Selatan tentang bagaimana mengurangi penyebaran penyakit itu dalam turnamen mendatang.

Virus H1N1 menyebar secara global dan sudah menewaskan sekitar 15.000 orang sejak pertama kali muncul pada 2009, berdasarkan informasi WHO, kendati berdasar kenyataan bisa lebih banyak dari itu.

Wanita hamil serta orang yang mengalami masalah kesehatan, seperti diabetes, amat berpotensi terkena virus itu. "Kami akan mengadakan vaksinasi, diawali dari wanita hamil, orang yang gampang terjangkit serta orang yang terlibat langsung dengan olahraga itu," kata Motsoaledi seraya menambahkan bahwa vaksinasi akan dilakukan sesegera mungkin.

Source: kompas.com



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

1 komentar:

ridwanfansuri mengatakan...

nice info
http://muhammadr06.student.ipb.ac.id/