Fengshui Untuk Rumah - Home Fengshui Tips

Fengshui Untuk Rumah - Fengshui Home Tips. Arsitektur rumah tradisional China yang memiliki court-yard (taman tengah terbuka) pada zaman dahulu banyak dibangun. Rumah-rumah tersebut dirancang dengan arsitektur yang memerhatikan feng shui. Rumah court-yard sangat sejuk karena memeroleh ventilasi yang baik dari tengah-tengah ke dalam setiap ruangan yang diletakkan pada keempat sudut.

Pada waktu itu kebanyakan rumah court-yard ini diorientasikan menghadap ke selatan. Karena kehangatan datangnya dari selatan, sehingga arah ini sangat disukai. Karena itu perencanaan lingkungan realestat berupaya sebanyak mungkin menghadapkan kapling itu kearah selatan. Arah kedua yang sangat diminati adalah arah hadap ke timur, karena inilah arah di mana matahari terbit. Tidak sedikit rumah court-yard yang mempunyai pintu gerbang di arah timur. Hingga kini, pada banyak properti yang sangat laku bila mempunyai kapling hadap selatan dan timur.

Bagaimana logika feng shui bangunan rumah dengan taman di tengah kapling ini? Pertama, feng shui mengenal empat orientasi kompas yang pokok: utara (melambangkan air), timur (melambangkan kayu), selatan (melambangkan api), dan barat (melambangkan logam). Setiap elemen berperan dan sarat dibebani dengan maknanya masing-masing. Oleh sebab itu fungsi domestik (rumah tinggal) secara sederhana dikaitkan dengan arti elemen tersebut.

Sebagai contoh, api dikaitkan dengan fungsi dapur, karena di sana ada kegiatan yang melibatkan unsur api. Air dikaitkan dengan fungsi-fungsi yang basah, seperti mencuci dan kamar mandi/WC. Karena sebagian dari fungsi itu adalah fungsi servis, maka ada deretan bangunan yang diletakkan pada sisi paling belakang untuk menunjang fungsi rumah tinggal. Bangunan utama rumah court-yard diletakkan pada sektor utara, juga menghadap ke selatan.

Sisi timur diasosiasikan dengan matahari terbit, jadi terkait dengan kegiatan bekerja di lingkungan rumah tangga. Sedangkan sisi barat adalah arah matahari terbenam, yaitu sesuai untuk kegiatan beristirahat dan tidur.

Dari segi arsitektur tentu saja penempatan ruang tidur pada sektor barat di rumah court-yard akan menguntungkan. Karena dengan demikian jendela kamar akan menghadap ke timur, jadi masih dingin pada pagi hari, dan pada siang hari tidak terkena matahari barat.

Bila Anda memiliki kapling yang cukup panjang (minimal 30m), dengan lebar sekitar 15 meter tentu penerapan rumah court-yard akan merupakan rumah yang sangat sesuai, bukan saja dengan kondisi iklim setempat, tetapi juga baik dari segi feng shui.

Tentu saja rumah yang mempunyai lebar kurang dari 10 meter masih bisa menerapkan arsitektur rumah court-yard ini, asal menatanya dengan baik dan serasi, maka akan diperoleh hasil yang optimal.

Source: suryaco.id



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

0 komentar: