Gempa Chile Berkekuatan 8,8 SR

Gempa Chile Berkekuatan 8,8 SR - Gempa Dahsyat berskala 8,8 Skala Richter (SR) telah mengguncang negara Chile pada Sabtu (27/2) pagi kemaren. Menurut pemberitaan media massa, sejauh ini gempa yang terjadi di Chile tersebut telah merengut 6 orang korban jiwa, dan menurut pernyataan Presiden Michelle Bachelet mengatakan, korban tewas mungkin akan lebih banyak lagi.

Sementara itu gempa dahsyat yang terjadi di Chile itu juga disebut-sebut berpotensi menimbulkan tsunami. Badan Geologi Amerika Serikat memperkirakan, tsunami membuat kerusakan dahsyat di sepanjang pesisir pantai di dekat pusat gempa. "Kemungkinan kerusakan dahsyat di sepanjang pesisir dekat pusat gempa, dan juga mengancam pesisir pada jarah jauh.

Gempa menggoyang gedung-gedung bertingkat dan menyebabkan mati lampu di Ibu Kota Chili, Santiago. Pacific Tsunami Warning Center langsung mengeluarkan peringatan tsunami di Chili dan Peru, juga Ekuador.

Gempa berpusat di 90 kilometer Timur laut Concepcion, Chili, dengan kedalaman 55 kilometer. Skala gempa dilaporkan antara 8,3 SR dan 8,5 SR, sebelum kemudian dipastikan USGS sebesar 8,8 SR.

Chili pernah digoyang gempa paling besar di dunia pada tahun 1960. Saat itu gempa 9,5 SR di selatan Kota Valdivia menewaskan 1.655 orang dan mengakibatkan tsunami di lautan Pasifik, Hawaii, Jepang, hingga Filipina.

Source: karodalnet.blogspot.com



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

0 komentar: