Cara Membuat Theme BlackBerry Sendiri

Cara Gampang Membuat Theme Black Beryy - Anda memiliki Black Berry ? Apakah mau ganti Themes ? Lihat cara bikin themes BB sendiri sesuai dengan selera anda. Percantik BB anda dengan themes cantik buatan sendiri.

Lihat Cara Membuat Themes BB Berikut:

Siapa bilang membuat theme atau tema tampilan untuk BlackBerry itu sulit? Menurut salah satu penggagas komunitas kreator BlackBerry, idberry, Deddy Avianto, membuat theme BlackBerry sangat mudah dilakukan.

"Hanya butuh download aplikasi gratis dari RIM, terus lihat tutorial," katanya saat ditemui dalam acara "id-BlackBerry Gathering with Kompas.com" di Jakarta, Sabtu (22/5/2010).

Dikatakan Deddy, tutorial dan berbagi pengalaman mengenai cara pembuatan theme bisa didapat dengan berbagai cara, salah satunya bergabung dengan komunitas idberry di mailing list idberry-subscribe@yahoogroups.com.

"Komunitas idberry sering mengadakan workshop di kota-kota besar, dan kita diakui oleh RIM," tambahnya.

Hingga saat ini, kreator yang tergabung dalam komunitas idberry sekitar 500 orang dari berbagai kalangan. "Banyaknya sih dari orang-orang daerah," ujar Deddy.

Menurut Deddy, komunitas idberry diakui RIM sebagai komunitas independen yang unik. "Memang, theme itu kastanya jauh di bawah aplikasi, tapi yang dibawa RIM presentasi ke Orlando, karya Indonesia itu, theme," kata Deddy.

Para pembuat theme, menurut Deddy, berkreasi karena hobi. Namun, kegemaran tersebut juga menghasilkan peluang bisnis. Menurut Deddy, theme yang dihasilkan komunitas mulai dipasarkan ke luar negeri melalui distributor mobihand.com.

"Harganya bisa dari 1 dollar hingga 7 dollar AS, tergantung si kreatornya," imbuhnya.

Hasil penjualan theme tersebut kemudian dipotong 20 persen untuk administrasi pengembangan idberry dan 20-40 persen potongan untuk mobihand.com. "Tapi kita enggak wajibin, kalau teman-teman mau jualan langsung, sendiri juga boleh," tambah Deddy.

Hanya saja, untuk di Indonesia, theme ciptaan para kreator tersebut tidak dijual. "Di Indonesia gratis karena theme enggak bisa diproteksi, mending kita kasih gratis saja, kita lebih fokus ke brand," tutur Deddy.

Untuk itulah, para kreator theme berfokus pada brand idberry sebagai jasa pembuatan theme BlackBerry. "Kemarin BMW minta dibuatin theme khusus mereka, dan sekarang Kompas.com juga minta," tandasnya.

Source: kompas.com


Sayang masih, theme creator black berry masih belum dijual di Indonesia. Tapi, tunggu nanti pasti akan dijual juga ;)

Lihat juga postingan tentang launching Nokia C3, harga nokia c3 dan spesifikasi nokia c3.



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

0 komentar: