Power Balance Tidak Memiliki Khasiat

Power Balance Tidak Memiliki Khasiat - Banyak orang mengatakan gelang power balance memiliki khasiat 'keseimbangan'. Bahkan beberapa waktu belakangan ini, banyak orang membeli gelang power balance asli maupun yang KW. Akan tetapi, tahukah anda, bahwa gelang tersebut sama sekali tidak memiliki khasiat?


Gelang Power Balance selama beberapa bulan belakangan menjadi fenomenal. Beberapa tokoh terkenal dunia pun mengenakannya, seperti David Beckam dan Christiano Ronaldo. Dikatakan, produk tersebut bisa meningkatkan keseimbangan, kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

Produsen Power Balance memang tidak memiliki bukti ilmiah tentang manfaatnya. Namun, mereka mengatakan bahwa jutaan orang dari 30 negara telah merasakan manfaat gelang itu. Salah satu yang mengklaim merasakan manfaatnya adalah tim rugby Cardiff Blues dari Wales, Inggris.

Untuk mengkaji secara ilmiah manfaatnya, program BBC Wales X-Ray bekerja sama dengan ilmuwan dari University of Wales Institute Cardiff (UWIC) melakukan penelitian. Kedua pihak melakukan tes pada 10 atlet secara acak dan melihat perubahan yang terjadi setelah menggunakan gelang itu.

Dr Gareth Irwin, Kepala Departemen Bio Mekanik UWIC yang terlibat dalam riset itu meminta para atlet untuk melakukan 4 latihan ringan dengan dan tanpa gelang Power Balance. Tes yang dilakukan berbeda dengan tes yang diujikan oleh pabrik gelang Power Balance sebelumnya.

Irwin meminta seluruh atlet memejamkan mata selama tes. Hasilnya, tes yang sangat sederhana menunjukkan tak adanya perbedaan performa antara menggunakan gelang Power Balance dan gelang lainnya. "Kami menganalisa secara statistik dan menemukan tak ada perbedaan yang signifikan," ujarnya seperyi dilansir situs BBC bulan November lalu 2010.

Ia menandaskan, "Fisiologi dan biologi atlet tidak berubah dengan mengenakan gelang itu. Perbedaan kecil mungkin ada tapi itu hanya efek placebo." Hasil riset ini sama dengan pendapat Dr Andrew Dearden dari British Medical Association yang mengatakan bahwa Power Balance adalah "pseudo science".

Saat ini, pihak Power Balance telah menghapus video promosinya sebagai bagian dari perubahan situs produk tersebut di Inggris. Perusahaan itu dikatakan juga telah "mematikan" seluruh situs tak resmi Power Balance untuk mengurangi adanya info yang tidak akurat.

Menanggapi hasil investigasi BBC dan UWIC, seorang juru bicara mengatakan bahwa kalangan yang percaya pada kekuatan Power Balance tak pernah memaksakan. Bahkan, mereka berjanji akan mengembalikan uang jika pemakai tidak merasa puas dengan manfaat gelang itu.

Pihak perusahaan juga mengatakan bahwa tim dan individu di Inggris yang mengenakan gelang itu tak dibayar. Mereka hanya membayar beberapa atlet di Amerika Serikat sebagai kompensasi ketika memakai image-nya. Tim Cardiff Blues sendiri mengaku tak mendapat bayaran. Sementara, Pemerintah Cardiff tak bereaksi dengan hasil investigasi ini.

Nah, apakah anda setuju bahwa gelang power balance tersebut juga tidak memiliki khasiat? Hanya saja, power balance memiliki sugesti :) Itu menurut ku.

Source: kompas.com



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

8 komentar:

Harga Handphone mengatakan...

Kalau dulu gelang ini booming dengan "khasiatnya", kini booming dengan kebohongannya. he..he.. makasih untuk sharingnya mas.
Salam kenal dari Blog Sederhana Harga Handphone :)

SuperPay mengatakan...

Thanks,,,Amazing News World… Believe It Or Not But Its True… For More Visit At http://amazingnewsworld.co.cc

Penulis Blog mengatakan...

Sob.. lama aku tidak mampir kesini , tukeran link lagi ya karena aku baru ganti domain (ex ayead.blogspot.com)..
link kamu masih terpasang di tergaptek.com

kalo berkenan, pasang link baruku ya :

TerGapteK.com

.. terimakasih banyak
salam blogger

berbagi informasi mengatakan...

hahaha aku gak kepngin beli sob
soalnya gak menarik
salam kenal ya
mohon konfirmasi link aku ya

Gaptek mengatakan...

Iyah,,, buat gaya gayaan aja tuh om...

Waste water treatment mengatakan...

bener banget tuh gan, saya juga pernah liat info di TV ternyata gelang power balance ini tidak mempunyai khasiat, hanya sugesti dari orang yang menggunakannya aja.

indoglowdark mengatakan...

sugesti emang lebih kuat dari apa pun

Salsa Maribo mengatakan...

Damailah burung-burung, damailah Manuk-manuk. Damailah blogger Indonesia