Inilah Target "The Doctor" untuk 2010

Valentino Rossi mengakui, perjalanannya menjadi juara dunia MotoGP musim lalu sangat berat dan sulit, lantaran dirinya membuat tiga kesalahan fatal. Karena itu, pada musim 2010 ini "The Doctor" berjanji untuk memangkas jumlah kesalahan, yang juga merupakan prioritas utama, demi memuluskan ambisinya mempertahankan gelar kelas paling bergengsi ini.

Sepanjang musim 2009, Rossi mengalami tiga kecelakaan yaitu di Le Mans dan Donington Park, serta di Indianapolis. Ini yang membuat dia selalu dibayang-bayangi oleh rival sekaligus rekan setimnya di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo. Rossi harus menunggu sampai dua seri terakhir untuk memastikan diri meraih gelar ketujuh kelas premier, dengan keunggulan 45 poin.

Nah, belajar dari pengalaman itu, Rossi langsung mencanangkan target ketika menghadapi musim baru. Pebalap kelahiran Urbino, Italia, yang 16 Februari nanti berusia 31 tahun ini mengatakan, tujuan utamanya pada tahun ini adalah mengeliminir kesalahan.

"Tekanan dari para rival selalu sangat tinggi, setiap tahun. Pada 2009, saya melakukan tiga kesalahan sepanjang balapan, yang mana jumlah itu terlalu banyak. Akan tetapi, dua di antaranya sangat luar biasa, karena hujan dan saya menggunakan ban licin," ungkap Rossi, Kamis (4/2/10), saat peluncuran motor Yamaha MotoGP baru di Sepang, Malaysia.

"Sedangkan di Indianapolis, saya mengalami kecelakaan terburuk dan saya tidak bisa menghindarinya. Pada 2010 ini, kami akan berusaha untuk tetap konsentrasi semaksimal mungkin dan menghindari kesalahan-kesalahan itu."

Memang, tahun lalu "keberuntungan" masih menaungi Rossi karena Lorenzo yang merupakan rival terdekatnya, juga melakukan beberapa kesalahan fatal. Mantan dua kali juara dunia kelas 250cc asal Spanyol ini jatuh di Jerez, Donington, Brno dan Phillip Island. Tetapi Lorenzo mengakui, sejumlah kecelakaan itu tak bisa dihindarkan karena kompetisi begitu keras saat pertarungan di atas lintasan.

"Saya pikir itu adalah persoalan tahun lalu, bahwa empat pebalap teratas bertarung untuk mengeluarkan semua kekuatannya di setiap seri dan dalam kondisi itu, pasti sangat sulit untuk menyelesaikan rangkaian balapan," ujarnya.

"Memang benar, bahwa saya membuat beberapa kesalahan strategi atau konsentrasi. Karenanya, pada tahun ini saya akan berusaha untuk menghindarinya. Meskipun demikian, saya agak puas dengan pencapaianku selama 2009."

Lorenzo juga mengakui, start yang kurang bagus merupakan persoalan yang lebih besar, dibandingkan dengan kecelakaan yang dialami.

"Saya pikir, start yang saya lakukan kurang bagus. Pada musim dingin ini, saya sudah melakukan latihan keras untuk memperbaiki kualitas ini, karena jika kamu melakukan start dengan baik, maka kamu bisa terhindar dari sejumlah persoalan besar."

source: kompas



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

0 komentar: