Serangan Cyber Buat Kerugian USD2 Juta per Tahun

Serangan Cyber Buat Kerugian USD2 juta per tahun - Symantec merilis hasil-hasil temuan 2010 State of Enterprise Security study di seluruh dunia. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa 42 persen perusahaan menyebut keamanan sebagai persoalan utama.

Hal ini tidak mengherankan mengingat 75 persen perusahaan atau organisasi mengalamai serangan cyber dalam 12 bulan terakhir. Serangan-serangan tersebut membuat perusahaan skala enterprise menderita kerugian rata-rata USD2 juta per tahun.

“Saat ini melindungi informasi lebih menantang dari sebelumnya,” kata Francis deSouza, senior vice president, Enterprise Security, Symantec Corp, melalui keterangannya, Kamis (4/3/2010).

“Dengan meletakkan cetak biru keamanan yang melindungi infrastruktur dan informasi mereka, menegakkan aturan TI dan mengelola sistem secara lebih efektif, perusahaan-perusahaan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif mereka dalam saat ini yang dikendalikan oleh informasi,” tambahnya.

Dalam survei itu juga menyebutkan perusahaan-perusahaan sering mengalami serangan. Dalam 12 bulan terakhir, 75 persen enterprise mengalami serangan cyber dan 36 persen menyebut serangan tersebut cukup atau sangat efektif. Lebih buruknya lagi, 29 persen enterprise melaporkan bahwa serangan telah meningkat dalam 12 bulan terakhir.

“Abu Dhabi Commercial Bank adalah salah satu contoh baik mengenai organisasi yang telah menerapkan strategi keamanan efektif dengan menekankan pada menjawab berbagai persoalan secara proaktif,” lanjut de Souza.

“Perusahaan ini memiliki solusi produk dan layanan lengkap yang memberikan perlindungan 24-jam, pemantauan ancaman dan respon, yang semuanya dijalankan dengan biaya tahunan yang tetap. Pendekatan ini lebih hemat biaya dibandingkan dengan mengamankan jaringan setelah jaringan tersebut terinfeksi,” tandasnya

Untuk itulah, perusahaan atau organisasi perlu mengelola sistem dengan mengimplementasikan lingkungan operasional yang aman, mendistribusikan dan menetapkan tingkat patch tertentu, melakukan otomatisasi proses untuk menyederhanakan efisiensi dan memantau serta melaporkan status sistem.

Source: okezone.com



Bookmark and Share


Dapatkan Info Berita Heboh Terbaru Setiap Hari:


Sudah Tahu Yang Ini? :

0 komentar: